Jelajah Philippines (Part 3) : Houseboat di Coron Island

Setelah beberapa bulan tidak menulis akhirnya saya berhasil mengusir rasa malas itu ! Tetapi memang konsistensi menulis saya masih jauh dari bagus hehe.

Hmmm tapi sekarang karena lagi semangat nulis saya akan lanjutkan cerita terakhir dari perjalanan saya selama di Philippines. Cerita terakhir ini adalah cerita yang paling berkesan bagi saya karena tempat tujuan terakhir saya ini benar-benar jauh diluar ekspektasi saya. JAUH LEBIH BAGUS dari ekspektasi saya. Salah satu tempat yang tidak akan pernah membuat saya menyesal untuk mengunjunginya malahan saya sangat bersyukur dikasih kesempatan untuk menikmati indahnya alam di pulau ini, namanya CORON ISLAND.

Pulau Coron adalah pulau terbesar ketiga di Kepulauan Calamian di utara Palawan di Philippines. Pulau ini berada sekitar 170 mil laut (310 km) sebelah barat daya Manila dan dikenal karena adanya beberapa rongsokan kapal Jepang peninggalan dari Perang Dunia II. (wikipedia)

Dipulau inilah saya dan suami menghabiskan 3 hari 2 malam terakhir kami setelah 1 hari transit di Cebu. Yang menarik dari Pulau ini adalah penginapan yang kami pilih yaitu sebuah houseboat yang terletak ditengah-tengah laut. Nama penginapannya adalah Paolyn Houseboat. Dari bandara ke lokasi penginapan memakan waktu kurang lebih 1 jam dengan rute Bandara Coron – Pelabuhan dengan menggunakan mobil sekitar 20 menit dan dari Pelabuhan – Houseboat dengan menggunakan kapal kurang lebih 45 menit. Paolyn Houseboat ini merupakan satu-satunya penginapan yang ada di tengah laut di Pulau Coron.

Saya mendapatkan penginapan ini hasil dari scrolling AirBnB selama 1 bulan lamanya,hahaha. Iya selama itu mencari dan berfikir penginapan mana yang terbaik yang harus saya pilih. Setelah 1 bulan galau akhirnya saya memantapkan hati memilih houseboat ini daripada penginapan lainnya yang ada di Pulau Coron. Harganya pada saat itu (Agustus 2018) masih dikisaran $93 USD/malam dan kemarin baru cek lagi udah $136 USD/malam. Emang sih kalau secara harga ini menurut saya termasuk mahal dengan fasilitas sekelas houseboat yang masih biasa saja, bukan yang mewah. Hanya saja dengan pemandangan dan suasana yang disugukan saya rasa harga pada saat itu termasuk worth it. Oiya, harga segitu belum termasuk dengan biaya makan mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam ya. Itu benar-benar hanya biaya kamar. Untuk makan karena tidak bisa kemana-mana mau tidak mau harus pesan makanan dari restoran di houseboat. Selain itu ada juga biaya penjemputan dari Bandara Coron ke Houseboat dan Sebaliknya. Memang banyak biaya perintilannya untuk sampai ke Houseboat dan selama berada di houseboat ini hehe.

Pada saat itu yang saya fikirkan adalah kemungkinan saya untuk balik lagi ke Coron sangat kecil sehingga saya ingin liburan saya disana sangat berkesan jadilah dengan menghabiskan budget yang paling besar diantara budget dikota lainnya selama di Philippines saya dan suami tetap kekeuh mau menginap di Paolyn Houseboat. Dan alhamdulillah tidak menyesal sama sekali.

Berikut link AirBnB Paolyn Houseboat :

https://www.airbnb.com/rooms/22275932?source_impression_id=p3_1562748724_kde94hEapqbXIk7%2F

Berhubung houseboat ini letaknya ditengah laut jangan ditanya pemandangan disekelilingnya, indah sekali! Tebing-tebing yang menjulang di sekeliling houseboat, ikan yang bisa dilihat dengan mata terlanjang dari atas houseboat, suara burung-burung yang berterbangan, tidak lupa gradasi hijau dan biru air laut yang seperti tak ada ujungnya.

Banyak aktivitas bisa kamu lakukan selama berada di sini, seperti langsung nyebur buat berenang dan snorkeling, bermain kayaks dan stand up paddle boards atau hanya sekedar menikmati pemandangan. Semua fasilitas tersebut gratis untuk kamu gunakan selama menginap di houseboat. Selain itu kamu juga bisa mengambil paket hoping island (kalau yang ini bayar) ke lokasi-lokasi wisata yang terkenal di Pulau Coron ini.

Sepertinya saya tidak perlu bercerita terlalu panjang lagi karena yang sebenarnya ingin saya tunjukkan adalah foto-foto keindahan selama saya berada di Pulau Coron.

Paolyn Houseboat. Tempat kami menginap selama berada di Coron
Barracuda Lake, Coron
Tempat untuk bersantai diatas houseboat
Salah satu pemandangan dari atas houseboat
Kalau mau berenang tinggal nyemplung πŸ™‚
Paolyn Houseboat
Riding paddle board with a view
Tempat buat sunbathing di houseboat
Penampakan salah satu kamarnya, biasa sih cuma pemandangannya luar biasa :p
Salah satu pulau terdekat yang didatangi pada saat hoping island (lupa euy namanya)
Crab Coconut Milk. Salah satu makanan di restoran houseboat. Ini enak bangeeet.

Kekurangan dari houseboat ini menurut saya tidak kids friendly apalagi yang masih dibawah 2 tahun. Bahaya aja soalnya langsung benar-benar ditengah laut, sedikit lengah bisa langsung nyebur. Kalau untuk honeymoon juga kalau nyari kamar yang nyaman juga kurang recommended karena kamarnya sangat-sangat sederhana. Tempat ini menurut saya cocoknya benar-benar untuk mencari liburan yang tenang dan jauh dari keramaian, yang membutuhkan liburan yang penuh kedamaian hehehe πŸ™‚

So, intinya kalau udah sampai di houseboat yang akan kamu nikmati hanyalah keindahan alam yang MasyaAllah bagusnya. Tak berhenti bibir ini mengucap kekaguman akan alam Allah dan bersyukur diberi kesempatan untuk melihat indahnya ciptaan Allah. Alhamdulillah πŸ™‚

Advertisements

2 thoughts on “Jelajah Philippines (Part 3) : Houseboat di Coron Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s